BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics

Jumat, 19 Februari 2010

Berenang Ituh Baik Untuk Anjing


Berenang Baik Untuk Anjing

Kebanyakan orang mengolahragakan anjingnya dengan berlari, tahukah anda jika olahraga ini dapat menyebabkan / menimbulkan cedera pada anjing anda?. Teorinya begini; sewaktu anjing berlari dipermukaan yang padat seperti aspal atau lapangan berumput persendian akan bekerja keras untuk menahan beban tubuh berlipatganda ketika anjing berlari. Hal ini juga dialami oleh atlit sepak bola, pelari, basket, dan sebagainya. Mereka cenderung mengalami cedera pada otot dan persendian kaki.
Ada cara lain untuk menghindari cedera pada anjing yaitu dengan memberikannya olahraga berenang. Olahraga ini cenderung lebih aman bagi otot dan persendian karena sendi pada kaki tidak menahan beban tubuh. Berenang selama 5 menit sama dengan berlari sejauh 8 kilometer. Selain sebagai olahraga untuk membakar lemak (cardiovascular), berenang dapat meningkatkan fungsi kerja paru-paru dan jantung. Ketika berenang, bagian dada anjing mendapat tekanan dari air sehingga memaksa anjing untuk bernafas dengan beban sehingga otot-otot bagian pernafasan akan terbentuk dengan baik dan sempurna.
Berenang secara teratur juga dipakai untuk terapi pada anjing yang mengalami sakit atau cedera. Terapi ini dinamakan Hydrotherapy, sering diterapkan pada anjing yang mengalami sakit atau cedera pada bagian kaki. Anjing yang mengalami patah tulang bagian kaki atau cedera berat pada otot biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk beristirahat. Setelah sembuh, anjing harus menjalani terapi ini agar dapat berjalan dengan baik seperti sediakala. Selain patah tulang, anjing yang menderita Hip Dysplasia (HD) yaitu formasi persendian pangkal paha (hip joint) yang tidak baik sehingga menimbulkan rasa sakit ketika anjing sedang berdiri atau berjalan, juga sangat dianjurkan untuk diberikan Hydrotherapy.

Untuk anjing yang sehat, berenang dapat meningkatkan stamina tubuh tanpa memerlukan waktu yang lama karena 5 menit berenang sama dengan berlari sejauh 8 kilometer.
Walaupun anjing anda sudah terbiasa dengan olahraga rutin sebaiknya diberikan perkenalan terlebih dahulu pada saat pertama kali latihan renang ini. Untuk anjing yang suka dengan air, hal ini akan lebih mudah tapi untuk anjing yang belum pernah bermain didalam air akan butuh waktu untuk mencobanya. Untuk permulaan cukup 2 menit untuk tiap latihannya selama satu minggu setelah itu waktu latihan dapat ditambah secara bertahap. Walaupun latihan ini hanya sebentar jangan menambah latihan karena tenaga anjing sudah terkuras dan anjing akan memerlukan waktu untuk mengembalikan tenaganya yang hilang akibat berenang.

0 komentar: