BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics

Selasa, 02 Februari 2010

Tips Buat Menata Rambut Anjing Shih Tzu


Menata rambut Shih Tzu

Shit tzu adalah anjing kecil yang menarik, ekpresi yang mengagumkan yang dimahkotakan oleh rambut yang panjang dan indah. Seringkali anda mendengar orang-orang berpikir bagaimana banyaknya perhatian, kesukaran dan waktu dalam menata rambutnya. Dan juga banyak pertanyaan yang sering muncul mengenai mengapa ada beberapa shih tzu memiliki rambut panjang dan mengkilap sementara yang lainnya lebih menyerupai sikat yang berantakan. Bulu yang panjang indah bukan misteri, pemecahan yang membutuhkan pendidikan yang cukup. Dasar penataan rambut shih tzu yang sukses adalah sederhana, rutin dan ketelitian. Jadi hal yang pertama kali yang dikerjakan adalah belajar teratur and invest dalam pelatihan anak anjing. Dengan cara ini banyak masalah yang dapat dihindari.

Bagaimana memulainya?

Sangat penting untuk membuat anak anjing terbiasa dengan penataan rambut. Penataan rambut pada anak anjing hanya memakan waktu beberapa menit saja, tetapi beberapa menit ini sangat penting untuk dimasa yang akan datang. Seringkali anak anjing tidak mau diam pada waktu rambutnya ditata, tetapi bukan berarti bahwa anak anjing ini tidak dapat dilatih. Shih tzu adalah anjing yang pintar dengan bantuan latihan yang rutin, shih tzu akan belajar tentang dasar penataan rambut dengan cepat.

Disarankan pelatihan penataan rambut dan duduk diam dilakukan setelah anak anjing bermain. Dengan cara ini, anak anjing akan lebih tenang dan lebih mudah diatur. Anak anjing sebaiknya dibiasakan untuk diperlakukan di tempat yang selalu sama dan disarankan di atas meja, jadi pemilik tidak perlu berlutut. Mejanya tidak perlu dirancang khusus untuk trimming. Jenis meja apa saja juga boleh asal permukaannya datar kekar jadi anak anjing akan merasa lebih aman untuk duduk atau berdiri dengan tegap.

Pada waktu anak anjing duduk dengan tenang, sisir rambutnya dengan sikat atau sisir. Gunakan tangan anda lainnya memegang anak anjing dengan perlahan tetapi tidak dengan pengangan yang terlalu kuat. Shih tzu tidak saja pintar, ia juga berani dan ia akan buru-buru turun meskipun mejanya tinggi. Maka dari itu jangan tinggalkan dia sendirian di atas meja. Sisir di daerah kepala dan kumis secara perlahan. Pada umur 4 bulan, rambut di daerah kening akan cukup panjang untuk dikuncir. Ini juga perlu dilatih sejak kecil.

Satu lagi adalah melatih anak anjing untuk merebahkan diri di sisinya di atas meja. Keahlihan ini akan membuat perawatan rambut menjadi lebih mudah di masa yang akan datang pada waktu anjing menginjak dewasa dan juga memiliki rambut yang panjang. Anda dapat memulainya dengan mengajar anak anjing anda untuk tidur/rebah di pangkuan anda pada saat menyisir kaki cakarnya. Waktu anak anjing anda mau kabur melepaskan diri, jangan menyerah sampai ia tenang. Waktu pelatihan ini berhasil, anda dapat memulai mengajarnya di atas meja. Taruhlah handuk di atas meja dan lalu taruh anak anjing di atasnya. Pegang anjing anda dengan satu tangan dan tata rambut dengan tangan lainnya. Sebaiknya jangan meminta orang lain untuk memegang anak anjingnya dengan dua tangan karena ini akan membuatnya tidak merasa kurang tentram. Anak anjingnya akan berpikir ”Sekarang mereka memegang saya erat-erat saya, apa yang mereka mau lakukan terhadap saya” . Intinya adalah mengendurkan perlahan-lahan pegangan setelah anjing sudah diam dan tenang untuk sementara waktu. Dengan cara ini, anak anjing anda akan belajar rileks dan mengerti bahwa ini bukan urusan yang besar. Tidak saja ia dapat tiduran di meja sementara dan ditata rambutnya, ia juga dapat tidur sejenak.

Sangat penting bahwa perawatan rambut teratur dipertimbangkan menjadi suatu acara yang baik untuk pemilik dan anjingnya. Kalau tidak, sangat mudah untuk mengelak semuanya. Satu contoh yang baik, seorang ibu yang kaya memiliki anjing yang rambutnya bagus. Tetapi ibu itu berpendapat bahwa penataan rambut itu pekerjaan yang keras. Saya heran, tetapi setelah mengunjungi rumahnya, alasannya jelas. Rumahnya indah dan mewah, tetapi dimana meja yang dipakai untuk grooming? Mejanya ditaruh di gudang bawah dekat ruang cuci pakaian. Meskipun pekerjaaan rumah dilakukan oleh pembantu biasanya memiliki prioritas rendah, ini bukan berarti tidak sesuai dengan menata rambut anjing anda.

Kesalahan apa yang dapat terjadi?

Berkali-kali, saya meragukan berapa banyak orang yang gagal dalam menata rambut shih tzu mereka dan mengatakan pada saya bahwa perkerjaan ini tidak mengenakan. Saya mengambil kesimpulan bahwa dasar penataan rambut adalah kepercayaan antara anjing dan pemiliknya. Anjing harus dapat percaya bahwa prosedur ini tidak menyakitkan. Anda harus belajar merapikan kusutan dengan hati-hati, pertama dengan jari kemudian dengan sikat. Kusutan jangan pernah ditarik dengan sisir: itu pasti menyakitkan dan tidak alasan kenapa anjing harus menjalani tindakan yang tidak professional itu. Maka dari itu merapikan kusutan perlu kesabaran. Dan juga, rambutnya jangan dibiarkan kusut parah yang dapat dicegah dengan perawatan secara rutin. Mudah bukan? Sampai umur 7-8 bulan, rambut shih tzu mudah dirawat. Lewat umur ini, lebih sulit dan dapat mengagetkan untuk anjing dan pemiliknya. Untuk anak anjing yang belum terbiasa, lebih baik dimulai dari awal. Yaitu memotong rambut yang kusut dan biarkan rambutnya tumbuh. Rambut shih tzu memakan waktu satu tahun untuk tumbuh kembali. Sementara rambutnya tumbuh, anda dapat belajar merawat rambut dan melatih anjing anda sama seperti melatih anak anjing. Jika memungkinkan, rambut di kepala, ekor dan telinga dibiarkan saja karena rambut dibagian ini memakan waktu untuk tumbuh lebih lama.

Peralatan tata rambut dan kosmetik

Memilih perlengkapan tata rambut juga sangat penting. Anda tidak perlu mengoleksi sikat dan sisir yang banyak untuk sendiri. Cukup membeli beberapa perlatan yang berkualitas. Sangat dianjurkan untuk membeli barang berkualitas. Sikat dan sisir juga harus dibersihkan dan dirawat dengan baik supaya lebih awet. Alat yang paling penting adalah sikat yang baik. Sikat yang paling cocok untuk rambut shih tzu adalah sikat bristle dan sikat campuran nylon. Sikat ini lembut dan paling cocok untuk merapikan kusutan.

Salah satu contohnya adalah buatan Inggris Mason Pearson. Sikat Pearson kelihatannya mahal tetapi akan lebih awet dipakai. Dan kemungkinan juga sikat lain tidak diperlukan lagi. Untuk perubahan, anda dapat juga mencoba memakai sikat kawat (pin brush)yang sering dipakai dalam finishing dan grooming rambut yang tidak ada kusutan. Anda juga memerlukan sisir metal yang lurus. Yang mempunyai gigi rapat dan gigi renggang. Sisir plastik dengan gigi halus(sharp) biasanya diperlukan untuk membuat kunciran untuk show, tetapi sisir ini juga dapat dipakai untuk menyisir bagian kumis dan bagian muka. Anda juga akan memerlukan sepasang gunting /trimming untuk finishing rambut disekitar cakar kakinya dan karet gelang.

Cairan grooming dipakai dalam sisir, contohnya Ring5 Coat Gloss juga produk yang bagus dan dapat dibeli di petshop. Anda juga dapat mencampur sendiri cairan dengan air dan conditioner. Rasio penncairan tergantung dari conditioner tetapi biasanya satu sendok untuk setengah liter air. Karena conditioner yang telah dicampur dengan air tidak dapat disimpan lama maka disarankan untuk mencampur cairan dalam porsi kecil saja. Waktu memilih samphoo dan conditioner, yang terbaik adalah membeli kwalitas. Conditioner yang bagus lebih penting dari shampoo yang bagus. Banyak conditioner di pasaran kurang cukup bagus untuk rambut shih tzu dan dapat mengakibatkan kusut dengan mudah. Untuk menghemat waktu dan tenaga, disarankan untuk menggunakan produk yang telah terbukti sangat bagus untuk dipakai. Contoh beberapa produk yang cocok antara lain Vellus, Coat Hander, Biogrom, #1 all System, Jean-Pierre Hery, KW dan Summerwind.

Dari beberapa produk yang disebutkan di atas, yang saya lebih sukai adalah Coat Conditioner of Coat Handerle, Hair Care Balsam KW, Conditioner Concentrate Vellus dan Protect-a-Coat-Oil Summerwind. Saya tidak menganjurkan pemakaian minyak yang kuat seperti minyak lanolin atau minyak mink. Minyak Summerwind ringan dan waktu dicampur dengan air dapat dipakai sebagai cairan groooming untuk rambut kering. Conditioner untuk rambut shih tzu harus cukup kuat supaya dapat supaya tetap melekat pada rambut. Conditioner yang hilang terbilas air adalah terlalu light dan maka dari itu tidak cocok untuk rambut shih tzu. Produk shampo yang baik dapat ditemukan dari beberapa macam mereka. Untuk anak anjing, disarankan menggunakan mild shampo, dan lebih baik menggunakan shampo yang keras yang dapat membuat rambut mereka kering.

Contoh produk shampo yang baik adalah SuperWhite Biogroom (cocok untuk kumis putih dan cakar putih), Protein Lanolin Biogroom, Shampo Concentrate Vellus dna Proten/Puppy KW.

Bagaimana menata rambut shih tzu?

Setelah peralatannya sudah ada, penataan rambut akan menjadi lebih mudah. Waktu menata rambut, sangat penting manata secara keseluruhannya dengan hati-hati dan seksama. Tidak aturan untuk urutan dalam hal penataan rambut. Yang paling penting adalah belajar menata rambut dengan urutan yang selalu sama. Dengan demikian, anda secara automatik menata rambut keseluruhannya tanpa ada bagian yang tertinggal.

Contohnya anda mulai dari kakinya. Anjing ditidurkan pada sisinya dan mulai menata pada bagian kakinya dulu dan di bawahnya, lalu sisinya dan terakhir bagian bawah leher dan telinga, setiap bagian lapis per lapis. Setelah menata satu bagian, bagian yang sama dapat diselesaikan dengan sisir metal untuk memastikan tidak ada kusutan di dalam, keseluruhan rambutnya ditata baik, sedikit demi sedikit, rambut per rambut. Meluruskan rambut sampai kulit sangat penting. Ini akan lebih mudah jika dilakukan lapis per lapis. Kadang-kadang anda dapat melihat ada anjing yang telah ditata rapi. Di luar terlihat lurus tetapi jika dipegang, anda akan terasa gumpalan di dalamnya – kusutan. Untuk menghindari kesalahan seperti ini, sangat bijaksana untuk belajar menata dan memeriksa dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada yang kusut terus ke kulit.

Ketika dua sisi telah ditata, anjing dapat didirikan diatas meja dan pisahkan rambut di tengah sepanjang tulang belakang. Lalu tata bagian ekor, bagian belakang dan akhirnya rambut bagian leher, kepala dan telinga dan buat kunciran baru. Anda dapat menyelesaikan rambutnya dengan sisir dan bersamaan itu juga periksa kusutan di rambutnya. Semua ini dapat dikerjakan dengan urutan terbalik. Yang paling penting adalah semuanya harus dikerjakan dengan urutan yang selalu sama supaya rutin perawatan ini berkembang baik. Dan juga rambut harus tidak ditata kering karena ini akan mengumpulkan elektrik statik dan dapat merusak rambut. Cairan rambut sebaiknya selalu dipakai.

Tentang kusutan

Shih tzu mempunyai dua jenis rambut yaitu rambut pendukung yang keras dan rambut dasar yang halus. Kusutan bisa muncul pada waktu rambut dasar turun dan bercampur dengan rambut pendukung. Rambut yang kusut akan bebas dan hilang dari kusutan dengan penataan dan dengan menggunakan jari tangan anda, khususnya jika kusutan tidak dibiarkan lama kusut. Tambah lama kusutan di rambut tambah kencang kusutannya. Penata rambut yang berpengalaman dapat memperkirakan umur kusutan waktu dia melihatnya. Ada yang dua hari dan ada pula yang dua minggu…

Jika kusutan ditarik dengan sisir atau sikat dengan gigi yang halus/tajam, rambut pendukung yang kusut akan rusak, dan hasilnya rambut anjing akan terlihat menjadi yang acak-acakan dan rusak. Kusutan terbentuk khususnya bagian ketiak, di dalam kaki, dibelakang telinga, di leher dan sisi. Di daerah inilah yang sering terlewatkan dengan mudah. Ingat menata rambut dengan seksama. Kusutan pertama adalah pada umur 8-10 bulan dan untuk anak anjing betina, paling lambat setelah musim kawin pertama. Anak anjing mulai mengganti rambut bayinya menjadi rambut dewasa dan rambut dasar akan rontok dan menyebabkan kusut. Masa tersulit akan habis sampai berumur dua tahun, tergantung dari kwalitas dan jumlah rambutnya. Setelah bebas dari dua tahun pertama, perawatan rambut shih tzu dewasa benar-benar mudah.

Penataan rambut harian dan mingguan

Seperti yang telah dibahas diatas, anak anjing seharusnya sudah dibiasakan dengan penataan rambut dengan mengajarnya sedikit demi sedikit setiap hari. Pada waktu anjing telah dewasa, anda tidak harus menata rambutnya setiap hari, karena penataan rambut terlalu sering pun dapat merusak. Yang termasuk dalam penataan rambut harian adalah membuat kunciran baru dan memeriksa telinga dan mata. Yang penting adalah supaya rambutnya tidak menggantung kebawah ke depan matanya dan anjing anda dapat melihat kemana dia mau pergi. Disarankan untuk memperhatikan rambut setiap hari dan periksa jika terdapat adanya kusutan di dalam. Untuk anak anjing yang sedang ganti rambut, penataan sebaiknya dilakukan dalam setiap dua atau tiga hari, supaya rambut dasar yang rontok hilang dan tidak membentuk kusutan yang besar baginya. Untuk anjing dewasa, penataan rambut seksama cukup seminggu sekali.

Berapa kali untuk dimandikan?

Mandi adalah salah satu bagian penting dalam perawatan shih tzu. Berapa sering, ini tergantung pada anjing keluar jalan-jalan, di dalam atau keluar kota ? dengan kata lain berapa cepat rambut mereka menjadi kotor. Mencuci rambut juga penting jika anda merencanakan ikut show untuk shih tzu anda. Jika begitu, mandi sebaiknya dilakukan paling sedikit seminggu sekali.dan rambutnya tidak boleh ditata tanpa mandi. Kebersihan rambut sangat penting karena rambut bersih akan membuat rambut yang rontok dan kusut bertambah sedikit.

Shih tzu dapat dimandikan jika diperlukan, yaitu waktu dia kotor. Biasanya untuk anak ajing lebih jarang karena rambutnya lebih sedikit daripada anjing dewasa.

Namun begitu, anak anjing sebaiknya dimandikan paling sedikit dua minggu supaya mereka terbiasa dengan mandi. Tetapi jika anda mau shih tzu anda memiliki rambut yang bagus, sebaiknya dimandikan seminggu sekali dan lebih sering kalau sedang pergantian rambut. Saya hendak menekankan bahwa untuk memandikan mingguan secara rutin tidak diperlukan sama sekali. Untuk anjing jenis ini sebaiknya dimandikan pada waktu diperlukan saja. Atau rambutnya dirawat dengan ditata secara rutin dan seksama supaya tidak ada kusutan yang muncul.

Dalam memandikan

Memandikan sangat menyenangkan, jadi sisakan waktu yang cukup dan rileks. Peganglah anak anjing dengan santai sehingga dia akan cepat belajar untuk diam. Kesalahan besar yang sering dilakukan adalah memandikan anak anjing dengan cepat dan kasar jadi dia belajar menjadi takut untuk mandi. Lebih positiflah dan persiapkan diri anda menjadi basah juga.

Untuk memandikan, belilah tempat mandi bayi. Tempat mandi yang paling sesuai adalah tempat mandi dengan kaki atau stand supaya punggung anda tidak sakit. Jika anda memandikan di bak mandi atau permukaannya yang lincin, gunakan alas karet didasarnya supaya anjingnya lebih nyaman. Anda juga memerlukan shampoo dan conditioner dan botol tambahan dan tempat/wadah satu liter untuk pengenceran. Anda juga memerlukan pengaduk untuk mengencerkan shampoo dan conditioner dengan rata di dalam air.

Pertama encerkan shampoo ke dalam botol atau ember. Periksa perbandingan rasio dari intruksi manualnya. Biasanya perbandingan rasionya adalah satu sendok the untuk satu liter air. Mulailah dengan membasahi anjing keseluruhannya. Busakan rambutnya di bagian belakang dan kaki belakang dan langsung dibilas. Jangan biarkan muncul kusutan yang dapat timbul dari gosokan tangan anda, tapi tebarkan sampo ke rambut dengan ujung jari.

Cakarnya biasanya kotor, jadi untuk mencucinya anda bisa cuci dua kali. Lalu lanjutkan dengan mencuci bagian bawah dan kaki cakar depannya. Dan juga ingat untuk membilas shamponya. Basahkan anjingnya lagi, terus ke pundak dan sebarkan cairan shampoo ke sisi-sisinya dan ke belakang. Ingat gunakan gerakan ke bawah, jangan digosok! Bilas. Akhirnya, basahkan kepalanya lagi dan cuci rambut telinga, kumis dan dada depan.

Perhatian khusus perlu diperhatikan di daerah mulut dan hidung, telinga dan mata. Waktu membasahi bagian atas kepala, taruh tangan anda di depan matanya untuk melindungi matanya dan untuk memastikan air mengalir ke leher dan tidak ke mata. Waktu membasahi kumis, taruh pancuran dibawah mata supaya aliran air selalu jauh dari mata. Jika mukannya sangat kotor, anda dapat busakan dua kali di bagian kumis dan telinga juga.

Untuk anjing yang kotor sekali, Pencairan shampoo ke satu liter botol mungkin tidak cukup dan mungkin anda harus mencairkan shampo lebih banyak. Sebaliknya, jika anjing anda tidak begitu kotor, anda dapat hanya keramas bagian kaki saja dan bagian bawah dan tanpa membersihkan bagian belakang sama sekali. Mengunakan shampo kebanyakan dapat membuat rambut menjadi kering. Dan shampo harus selalu dicairkan dulu karena shampoo saja terlalu kuat dan dapat merusak rambut.

Lalu cairkan conditioner ke ember lagi dan periksa perbandingan rasio dari instruksi manualnya. Anda sebaiknya tidak pelit dengan conditioner, dan conditioner sebaiknya yang dapat dibiarkan di rambut. Jika anjing anda memiliki banyak rambut, anda mungkin memerlukan conditioner lebih banyak daripada apa yang ada di instruksi manualnya.

Taruhlah anjing anda di bak mandi dan tuang conditioner yang telah dicairkan ke atas anjing. Sebarkan conditioner ini ke rambut dengan pancuran dan pada saat bersamaan isi bak dengan air. Tutup pancurannya dan diamkan anjing di dalam air conditionernya. Bersamaan itu pula tuang air conditioner ke seluruh badannya. Jangan terburu-buru, biarkan conditioner bekerja untuk beberapa menit. Lalu anda dapat membiarkan airnya jatuh dengan memerasnya dengan tangan sebelum membalut anjing dengan handuk. Jika kelihatan terlalu banyak di rambut, anda dapat membilas sekali lagi sebelum membungkusnya dengan handuk. Conditioner sangat penting untuk tetap tinggal di rambut karena conditioner ini akan melindungi rambut dari kusutan, kekeringan dan kerusakan.

Pengeringan

Tetap bungkus anjing dengan handuk, tempatkan ditempat yang hangat dan biarkan paling sedikit duapuluh menit. Contohnya anda dapat dijaga di pelukan anda sambil menonton tv. Setelah itu, ganti dengan handuk yang kering. Anda dapat membungkus selimut diatasnya jika anjing anda kedinginan. Pengeringan dengan handuk sangat penting karena akan membuat pengeringan dengan hair dryer lebih mudah dan cepat.

Sangat berguna jika anda memiliki hair dryer. Dengan ini, anda dapat menggunakan dua tangan anda. Waktu mengeringkan anjing, keringkan keseluruhannya sama pada waktu penataan rambut. Tata rambut dari bagian daerah yang ditiup hair dryer. Hair dryer harus tidak terlalu panas dan membakar kulit dan rambut. Selama penataan waktu mengeringkan anjing, anda dapat merasakan suhu udaranya dengan tangan anda. Jadikan sistematik dan memeriksa semua rambutnya menjadi kering dari akar sampai ujungnya. Saya sendiri selalu mulai mengeringkan anjing dari kepala. Setelah rambut di daerah kening kering, saya akan kumpulkan rambutnya dan dibuat kunciran. Tiupan rendah (low power) harus digunakan pada saat mengeringkan kepala. Sama seperti penataan rambut, sangat penting untuk pengeringan harus dilakukan dengan urutan yang sama. Dengan begini, anda dapat belajar rutin ini sehingga tidak ada bagian yang tertinggal basah.

Kunciran

Anda sebaiknya mulai melatih membuat kunciran segara mungkin waktu rambutnya mulai cukup panjang dan dapat dijepit dengan jepitan. Satu atau dua jepitan cukup untuk anak anjing, tetapi setelah rambutnya tumbuh dan panjang, lebih banyak jepitan yang diperlukan untuk menjaga rambutnya supaya tidak ke mata. Kunciran dibuat untuk lingkungan rumah, dan disarankan menggunakan karet gelang karena mereka lunak dan tidak terlalu kencang. Dan juga kumis harus dipasang dengan jepitan supaya rambut tidak masuk ke mulut

Disini anda dapat melihat gambar shih tzu muda dikuncir. Rambutnya dipisah ditengah dan ditarik ke belakang dengan dua jepitan. Jepitan terakhir belok ke samping. Dan juga kumisnya dibelokan ke samping. Ini hanya beberapa variasi model(hairdo). Yang paling penting adalah hairdo tidak terlaku kencang. Jika anjing anda memiliki rambut yang panjang di keningnya, dapat dikepang ke samping dan hairdo akan tetap terbentuk dengan baik. Jika anda akan mengikuti kompetisi keesokan harinya, jangan kepang rambutnya karena kepangan akan membuat rambut berkeriting curly. Waktu kumis dipasang jepitan dengan dua jepitan, pasang jepitan pertama supaya rambutnya terpisah ditengah muka, dari pojok bawah mata ke sisi bagian mulut hidung dan kumis perlahan disisir sebelum memasang jepitan. Lalu pasang jepitan lainnya dengan memisahkan rambut dari pojok mata luar ke sisi mulut (lihat gambar). Akhirnya periksa rambut dagu tidak berantakan dengan jepitan di kumisnya supaya anjing dapat membuka mulutnya dengan baik.

Kata-kata terakhir

Dengan tambahan yang telah dibahas di atas, saya dapat menyatakan bahwa rambut shih tzu dapat dirawat pendek. Rambut tidak bernilai dengan sendirinya dan shih tzu akan merasa baik-baik saja dengan rambut pendek. Di banyak negara dimana shih tzu menjadi hewan peliharaan yang populer, menjaga rambut pendek lebih menjadi aturan daripada pengecualian. Tetapi perlu diingat bahwa shih tzu adalah anjing berambut panjang dan meskipun rambutnya pendek, tetap saja diperlukan perawatan rutin. Jika anjing sakit, dapat disarankan untuk mempertimbangkan memotong rambutnya karena rambut akan menyakiti anjing yang dalam kondisi yang tidak baik. Di beberapa kasus, memotong rambut dapat membuat mental anjing lebih muda dua tahun.

0 komentar: